Minggu, 21 Agustus 2016

Filled Under:

Hikmahnya Ar_Rahman




 Manfaat dan Kisah Seputar Surah Ar-Rahman

surah ar rahmanyou-love.ws
Sebelumnya, sambil membaca tulisan tentang manfaat membaca surah Ar-Rahman ini yuk kita simak bacaan surat Ar-Rahman dari Muhammad Thaha.

Alhamdulillah. Segala puji bagi Ar-Rahman, Dzat Yang Maha Pengasih. Selawat serta salam kita sampaikan kepada Sayyidina Muhammad yang terkasih.
Surat yang kita bahas manfaat dan keutamaannya kali ini adalah surah Ar-Rahman. Banyak sekali orang yang menjadikan surat dengan urutan nomor 55 di Al-Quran ini sebagai surat favorit. Ada beragam alasan yang membuat mereka menyukai surat ini, kebanyakan karena makna yang tersirat di dalamnya sangatlah ‘mengena’ pada hati, ditambah lagi dengan susunan ayat yang terasa sangat indah apabila umpama sya’ir atau bahkan lebih dari itu.
Namun, ternyata yang berkaitan dengan surat ini bukan hanya itu saja, melainkan ada juga manfaat serta kisah menarik yang masih belum terlepas dari pembahasan seputar surah Ar-Rahman. Penasaran? Yuk kita simak pembahasan surat yang memiliki susunan ayat nan indah ini.

Manfaat Membaca Surah Ar-Rahman

manfaat surat ar-rahman
kaheel7.com
Tidaklah Allah SWT menurunkan ayat melainkan agar kita mengambil hikmah serta pelajaran yang terkandung di dalam ayat tersebut. Baik ayat-ayat mengenai kisah kaum terdahulu maupun ayat tentang kabar gembira dan adzab.
Di dalam surat Ar-Rahman terdapat pembahasan mengenai beragam nikmat-nikmat dari Allah SWT yang telah dan akan diberikan kepada makhluk-makhluknya, terlebih khusus kepada golongan jin dan manusia. Yaitu nikmat-nikmat kehidupan di dunia dan nikmat-nikmat yang akan diberikan di surga apabila kita dapat memasukinya.
Apabila kita memperhatikan isi dan kandungan surat Ar-Rahman, maka akan kita dapati di dalamnya sekitar 40% lebih ayat yang sama, yang ayat tersebut merupakan sebuah sindiran kepada manusia dan jin yang sedikit bahkan tidak bersyukur kepada Dzat Yang Menciptakan mereka semua. Akan tetapi dengan sifat-Nya Yang Maha Pengasih, Allah tetap memberi nikmat (di dunia) tersebut kepada kita semua.
Dan memang begitulah keadaan manusia sebagaimana yang tertera dalam surat Al-Baqarah ayat 243;
Ayat di surat al-Baqoroh
quran.com
Artinya: Sesungguhnya Allah mempunyai karunia terhadap manusia tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur.
Dengan begitu, di surat ini ada beberapa kesimpulan manfaat dalam kandungan apabila kita membaca surat ini.
  1. Mengingatkan diri kita kepada sifat Ar-Rahman milik Allah, yaitu Maha Pengasih. Allah senantiasa mengurus kebutuhan makhluk-makhluk yang walaupun mereka seringkali lupa kepada-Nya.
  2. Memberi tahu serta mengingatkan bahwa selain kita, terdapat makhluk Allah lainnya yang juga diberikan kewajiban untuk beribadah kepada Allah, yaitu golongan jin.
  3. Memberikan motivasi berharga kepada kita agar supaya terus bersemangat beribadah kepada Allah, karena balasan bagi orang yang berbuat kebaikan tidak lain hanyalah kebaikan pula, yakni surga yang penuh dengan kenikmatan.
  4. Mengingatkan kepada kita agar tidak kufur nikmat. Yaitu melupakan nikmat-nikmat yang diberikan oleh Allah, bahkan cenderung merasa apa yang ia dapat sekarang hanyalah hasil dari usahanya sendiri. Dan inilah sepertinya pesan yang paling ditekankan dalam surat Ar-Rahman.

Keutamaan Surat Ar-Rahman

Membaca surat Ar-Rohman bersama-sama
zikreeazhar.blogspot.com

Allah akan Menyayangi dan Meridhai Kita

Dalam kita Tafsir Nur Ats-Tsaqalain, disebutkan bahwa;
“Barangsiapa yang membaca surat Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan padanya.”
Inilah salah satu bentuk kasih sayang Allah yang sangat mudah kita dapatkan. Allah akan menyayangi kelemahan kita, maksudnya, Dia akan memberikan kelebihan lainnya kepada kita sebagai bentuk “pengganti” atas kekurangan yang kita miliki.

Kisah Jin yang Dibacakan Surah Ar-Rahman

surah ar rahman
accidentalcreativity.wordpress.com
Selain beberapa manfaat membaca surah Ar-Rahman tadi, rupanya ada juga kisah yang masih memiliki hubung-kait dengan surat ini. Mari kita simak kisah yang dikutip oleh Ibnu Katsir Asy-Syafi’i dalam kitab tafsirnya.
Suatu hari Rasulullah SAW menemui para sahabatnya lalu membaca surah Ar-Rahman dari awal sampai akhir, akan tetapi para sahabat hanya terdiam mendengarkan saja.
Kemudian Rasululullah bersabda “Apabila aku membacakan surat Ar-Rahman ini kepada para Jin, maka setiap kali aku sampai pada ayat:
ﻓﺒﺄﻱ ﺁﻻﺀ ﺭﺑﻜﻤﺎ ﺗﻜﺬﺑﺎﻥ
“Maka nikmat Tuhanmu manakah lagi yang kamu dustakan?”
Maka, mereka (golongan jin) akan menjawab:
ﻻ ﺑﺸﻲﺀ ﻣﻦ ﻧﻌﻤﻚ – ﺭﺑﻨﺎ – ﻧﻜﺬﺏ ، ﻓﻠﻚ ﺍﻟﺤﻤﺪ
“Tidak ada satupun dari nikmat-Mu -wahai Tuhan kami- yang kami dustakan, maka segala puji hanyalah milik-Mu.” (HR. At-Turmudzi)

SUMBER:http://nettik.net/manfaat-surah-ar-rahman/ 

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 Red Rose Maqamat Learning.