Minggu, 18 September 2016

Filled Under:

hikmah al baqoroh

Surat ini termasuk surat madaniyyah ayatnya 286 para sebagian mufassirin mengatakan ada ayat 281 itu termasuk ayat yang turun pada waktu haji wada’ akhir kehidupan rosul S.A.W, surat ini turunnya bertahap ada yang menceritakan bertahun-tahun, surat ini adalah surat yang tepanjang, dan ayat ke-282 itu adalah ayat yang terpanjang dalam alqur’an ayat yang berhubungan dengan hutang piutang, kenapa dinamakan AlBaqoroh karena dalam surat ini ada kisah unik yaitu pada zaman nabi musa A.S.
Pada waktu awal suat baqarah ini manusia dibagi menjadi 3 bagian :
1. Mukmin
2. Kafir
3. Munafik
dan ini berlangsung sampai kelak akhir dunia, kandungan yang ada dalam surat ini banyak sekali surat ini berkaitan dengan pengokohan akidah, penekanan dengan taukhid, dalam hal ini ada cerita mengenai musa yang telah menghidupkan yang telah mati atas izin Allah dan itu melalui lembu dan masih banyak lagi kandungan lainnya.
Alquran itu dekat tetapi hakekatnya jauh kenapa Allah menggunakan (“dhalikal kitaabu”) bukan (“hadhal kitabu”) “kitab ini” alquran itu adalah sebagai panutan dan pada zaman ini orang seenaknya saja menafsirkan Alquran. Allah S.W.T menyuruh untuk menerima dulu ketentuan-ketentuan Alquran, baru mengkaji alQur’an kalau kita mengkaji dahulu baru menyakini itu salah, apalagi membenarkan kajian yang kita buat lalu menyangkutpautkan dan mencari-cari kebenaran dalam alQur’an.
Sebaik-baik penafsiran alQuran ialah alquran itu sendiri, AlQur’an ini kadang tidak mempunyai arti kalau tidak dipasangkan dengan ayat yang lain. AlQur’an itu tidak akan sanggup kita pahami sebelum difilter oleh hati rosulullah, dan dimana kalau alQuran diturunkan kepada gunung maka gunung itu akan hancur.
“Sekiranya Kami turunkan al-Qur’an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah.” (Qs. al-Hasyr [59]: 21)
Maka janganlah menepuk dada ketika orang itu beranggapan ia telah mampu mengkaji AlQuran. Karena pada dasarnya manusia tidak akan pernah mampu mengkaji semua isi alqur’an.
Rosul punya orang tertentu yang diberi sesuatu rahasia rosulullah, tingkatan surga itu adalah digambarkan sebanyak hurup alQuran setiap tingkat berbeda satu dengan yang lainnya.
Alquran secara umum adalah pahala yang sangat besar masing-masing huruf 10 pahala ketika membaca (Alim lam mim) itu bukan 3 pahala melainkan 30 pahala,
Sebagian kecil dari Keutamaan membaca Surat Albaqarah;
1. Imam ja’far shodiq meriwayatkan dari rosul S.A.W. “Siapa yang membaca surat Al-baqarah dan Ali imron kelak kedua ayat itu akan datang untuk dia menjadi payung kelak dihari kiamat ketika orang-orang lain kepanasan.
2. Diriwayatkan Oleh Al imam sajjad dari rosul S.A.W;
Siapa yang membaca “4 ayat pertama dalam Al-baqarah, membaca Ayat kursi dan 2 Ayat setelah ayat kursi, dan membaca 3 surat akhir dalam surat Al-baqarah” Dia tidak akan pernah melihat sesuatu yang mengecewakan dalam hidupnya dan tidak akan pernah menemui apa saja yang membuat membuat risau semua terasa aman. Semua mengenakkan, dia tidak akan didekati setan, dan ia akan tidak akan melupakan alQuran. Berkaitan surat yang paling mulia selain alfatikhah karena surat al-fatikhah adalah inti dari AlQur’an dan surat yang paling mulia setelah itu adalah surat Al-baqarah karena didalam surat ini terdapat ayat yang paling mulia yaitu “Ayat Kursi”.
3. Siapa yang membaca surat Al-baqarah Allah S.W.T akan memberinya setiap hurup yaitu benteng yang akan melindungi dari neraka jahanam.
4. Rosul berfirman jangan dijadikan rumah kalian seperti kuburan maksudnya sepi tidak pernah terdengung ayat alQuran, setan lari dari rumah yang ada membaca surat Al-baqarah ada yang meriwayatkan sampai 3 hari, karena setan-setan itu selalu berusaha untuk menjauhkan suami dari istrinya. Sesuatu yang busuk apabila dikemas oleh setan maka ini akan nampak sebagai perbuatan yang indah.
5. Siapa yang membaca surat Al-baqarah, maka rahmat Allah akan selalu tercurahkan kepadanya dan mengeluarkan ia dari kegelapan, dan diberi pahala seperti Orang yang berjihat dijalan Allah, berjihat seperti menjaga benteng selama setahun, mempelajari Surat Al-baqarah itu adalah sumber barokah, meninggalkan surat Al-baqarah akan meninggalkan penyesalan selama hidup, para tukang sihir tidak akan pernah mampu mengalahkan surat Al-Baqarah, segala sesuatu itu ada puncaknya dan surat Al-baqarah adalah puncak dari surat alQur’an karena didalamnya ada ayat kursi. Dan masih banyak lagi keutamaan yang lainnya.


sumber: https://gunkz14.wordpress.com/islam/apa-manfaat-membaca-surat-al-baqarah/

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 Red Rose Maqamat Learning.